Free Web Hosting Provider - Web Hosting - E-commerce - High Speed Internet - Free Web Page
Search the Web

Electronics Reparation Part I

Homepage Toko Online Skema Modbo5.0 Koleksi Files Buku Tamu Reparasi  I Reparasi  II Reparasi  III Reparasi  IV Reparasi V Album I Album II Album III Video Album Photo Prajabatan

Perbaikan Alat - alat Elektronic berdasarkan Pengalaman Pribadi

Perbaikan TV Akari IC-1493AN5 Suara Normal gambar Blank Putih dan bergoyang

 

Pada tanggal 01 April 2011, Ada tetangga datang minta tolong di cekkan tv akari miliknya yg bermerek Akari Sakura IC-1493AN5. Keluhan yg disebutkan tv tsb bersuara Normal,dan  kadang terlihat samar Tulisan Akarinya.Namun Layar yg Nampak dominan Putih blank tapi agak bergaris sedikit hijau dan bergoyang seperti pada saat kita mencari channel baru. (lihat gambar disamping! )

Langsung saja untuk pengecekan pertama Saya coba cek bagian Horisontal dan ternyata TR Horizontal bagus. Langkah kedua Saya tertuju ke IC vertical dan ternyata masih tidak ada pengaruhnya.layar masih tidak berubah. Akhirnya kecurigaan saya tertuju ke IC LA 76810A. dan Saya coba ganti baru dan dihidupkan masih juga gak ada sama sekali perubahan.semua Elco sdh diganti dari yg bernilai 160v/100uf,25v/1000uf,35v/1000uf dan semua elco yg disekitar horizontal serta vertical. Semua resistor dan diode di cek baik semua.tegangan 24v juga ada. Sayapun bingung... terpaksa pencarian saya lanjutkan esok harinya. Setelah esok datang, sayapun mulai lagi pengecekan.tanpa basa -basi kecurigaan saya muncul sendiri dan tertuju ke Elco yg tak disangka - sangka yg berada di samping Flyback paling pinggir. Dan ternyata..hmmm... Elco 250v/22uF yg bodynya tampak segar ternyata dibagian kaki bawah hangus terbakar.(lihat gambardibawah).

 

AKARI SAKURA IC 1493AN5

Gambar posisi Elco 250v/22uF

 langsung tanpa pikir panjang Saya bergegas ganti Elco tsb... dan maknyosss...greeek... TV hidup normal kembali.

Semoga bermanfaat...!

 

by,

"Tri .Y.Hasnan".

Reparasi TV Changhong Model No.21E68 Hidup Standby tidak mau start

Siang hari yang panas tgl 4 April 2011 ketika bersantai dirumah tiba tiba terdengar suara ketukan pintu..dan ternyata tetangga dating minta tolong dicekkan televisinya yang bermerek Changhong 21" model 21E68 dengan keluahan awalnya gambar ada  suara hilang kemudian suara muncul  gambar yang hilang. Setelahbeberapa kali bergantian tak lama tvpun mati tetapi dalam posisi lampu standby menyala namun tidak bisa ON meskipun dicoba pakai remote.Dan tvpun saya bongkar dirumah.Usut demi usut satu persatu dicek..ada satu Elco dekat regulator dengan nilai 25v / 2200uF yg dari atas dilahat segar bugar namun pada bagian kaki elco tsb hangus rerbakar. Penggantian alat pun langsung dilaksanakan setelah dibeli dari toko. Agar tidak sia-sia,sebelum pengetesan dilakukan lagi pengecekan semua elco,diode,zener try g berada di sekitar power regulator.. memang sebagian ada yg agak kering tapi masih bagus, tapi tetap saya ganti dengan yg baru semua. Pengecekanpun dianggap selesai dan langsung di tes. Ternyata TVpun tidak membuahkan hasil.TV tsb masih pada posisi standby dan tidak mau di ON/start.  Yah...mumet lagi kepala.... Tapi tidak menyerah sampai disitu.. Saya ukur lagi diode -dioda siapa tau ada yg kelewat.. dan akhirnya..berujung di STR.. ada yg mencurugakan di STRnya.. dan saya putuskan untuk mengganti STR yg bernilai G5653 dan langsung solder.. selesai lang di tes.. dan..geplak suara power start.. he..he.. akhirnya petualangan selesai juga...dan Saya bisa bernapas lega...

"Samarinda, 05 April 2011 "By Tri Hasnan

dari pengalaman Pribadi service Rumahan ( the second job ).

Dispenser Tidak Mau Dingin

Mungkin Satu dari Anda memiliki Dispenser model baru dan lengkap bisa panas dan bisa dingin serta normal. Apabila Anda menemui masalah pada dispenser Anda yaitu air tidak bisa dingin, yang ada hanya panas dan normal, maka pada Website saya ini Saya akan berbagi pengalaman yang  mungkin Sepele tapi cukup membantu Anda yang sedang mengalaminya.

Baru - baru ini kira2 akhir bulan November 2011, Ada tetangga minta tolong minta diperbaiki dispensernya yang kata si empunya, dispenser tersebut tidak lagi mau dingin. yang ada cuma panasnya saja yang berfungsi. Singkat kata, langsung saja dispenser tersebut saya bongkar dari bodinya dan ke bagian pendingin. Disekitar pendingin ada alat/ unit penggerak kipas dan sekaligus merupakan power supply untuk pendingin serta lampu led penanda panas dan dingin.

Pertama Saya coba hidupkan dispenser dalam keadaan body belakang terbuka, dan ternyata power supply tidak bermasalah. karna ditandai lampu led hidup dan kipas berjalan. Dan kalo kipas berfungsi itu berarti tegangan 12volt tidak ada masalah.

dan langsung saja saya buka skrup pendingin yang ditempeli kipas, saya buka satu2 dan pisahkan kipas, unit power supply dengan pendingin alumunium dibagian tabung pendingin yg biasanya dubungkus oleh gabus dan didalamnya terdapat tabung plastik. pada bagian pendingin alumunium tersebut akan terlihat ada Pendingin lagi yang berbentuk Pocelin kotak agak kecil kira-kira  4x4cm berwarna putih dan ada kabel berwarna merah dan hitam.( Lihat Gambar dibawah ini ..!)


 

GAMBAR DIATAS ADALAH LETAK ALAT TV CHANGHONG YG RUSAK

MARINE RADAR MEREK KODEN MDC 2900 SCANNER TIDAK BERPUTAR

 

Minggu 29 Januari 2012, Dapat panggilan perbaikan radar Tugboat TB.Talent-I merek Koden model MDC 2900,dengan kerusakan Scanner tidak berputar, target tidak muncul/blank. Setelah tiba di TKP, langsung cek radar tsb yang mana radar tsb merupakan model dan keluaran terbaru yang hampir semua kebutuhan navigasi ada dalam radar tsb, seperti Arpha, Ais, dll. Langsung saja, info dari Nakhoda kapal kerusakan tsb datang dengan tiba2 yang mana kondisi monitor radar itu sendiri tidak mati alias masih ok dan otomatis juga semua orang pasti berpikir bahwa fuse/skring radar tsb pasti masih bagus, karna layar n monitor  masih hidup . Akan tetapi setelah saya baca skema yang tertempel dibagian atas belakang radar tersebut, ada lagi satu buah sikring yang tersembunyi dibalik body monitor radar tsb, yang memakai Fuse 5A. Langsung aja fuse tersebut saya ganti baru, dan Jreeeeeng.... Scanner langsung berputar, dan target dilayar langsung bermunculan.....  ternyata dalam setiap perbaikan , kita dituntut untuk selalu teliti... karena hal yang kita anggap sepeleh bisa membuat kita pusing.... Demikianlah pengalaman dari Saya, semoga bermanfaat...aaamiiiiin.

Tri.Y.Hasnan, Samarinda

dibawah ini Gambar Radar Koden MDC 2900

 

Selanjutnya Saya beli alat tersebut diatas, yg bagus 40ribu,kalo yg biasa 30ribu, jadi saya pilih yg 40ribu biar aman. Sebelumnya minta di tes ditokonya, kalo ada tersa panas dan dingin baru bayar. Kemudian saya pasang alat tersebut seperti seperti semula. jangan salah menempatkan sisi dingin dan panasnya. Sisi dingin posisinya ditempel ke tabung air. dan sisi yg panas ke alumunium pendingin atau ke arah kipas. Dan satu hal lagi yang perlu diperhatikan, tambahkan silicon grease pada semua sisi secara merata. karna tanpa bantuan silicon grease maka air bisa dingin tapi perlu waktu ber jam- jam lamanya. Akan tetapi dengan dibantu silicon grease, dalam 30 menit air sudah sangat dingin seperti es. Setelah di tes, Alhasil Dispenserpun bisa berfungsi dengan baik. bisa dingin dan panas, dan langsung Saya kembalikan kepada yg empunya.

Demikianlah Pengalaman yang bisa saya sharing... semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan...!

Sekian.

 

by :

Tri.Y.Hasnan

TV AKARI REAL FLAT 21F50C MATI TOTAL

Tanggal 11 January 2012 Datang seorang guru SDN 014 samarinda untuk minta tolong agar diperbaiki tvnya yg mana tv tersebut mati dg suara mendentum dan berasap. Langsung saya menuju TKP, dan saya coba lagi tv tersebut, dan alangkah kagetnya ketika saya tancapkan colokan tv dan tekan start, tv langsung berdegup dan mengeluarkan api. Langsung saya berpikir pasti tv ini short/ konslet. Langkah pertama seperti biasa buka cover, cek kabel listrik dari tv ke PLN tidak ada masalah, cek sikring ternyata putus. Cek 4 dioda jembatan ok, tapi sangat terlihat jelas ada satu buah Capasitor keramik yg hancur tanpa meninggalkan bekas ( Nilai tegangan). Berhubung capasitor tersebut dekat dg elko besar 400v dan berhubungan juga dg kaki negatifnya, saya ganti aja dg capasitor 561K/2KV. Kemudian tv langsung tak coba lagi, sdh tidak konslet lagi tapi hanya ada suara cuit2... kecurigaan saya tertuju pada FETp8nk80zfp serta ic nya. Tapi saya hanya coba ganti ouptocoplernya saja yaitu IC PC 817. Dan saya coba ukur tegangan B+ ya... akhirnya keluar tu tegangan. Tapi 135Volt. Tapi karena tv tersebut Flat jadi wajar kalau tegangan tersebut diatas 110/115V.  TV dicoba hidupkan wah..hidup si hidup tapi kok pada layar agak bergetar seperti ada tegangan upnormal. Piker saya apa karena tegangannya 135 ya? Setelah diteliti, ada satu buah resistor yg mengubungkan ke kaki flyback  lepas kakinya satu. Dan tak solder, hidupkan lagi dan sudah hilang getarnya namun siaran tidak bias nagkap, memorypun Cuma satu channel saja. Saya curiga jangan2 ic memorynya rusak atau tuner juga rusak. Setelah diselidiki lagi, pada ic program, ada jalur yg putus dan ada satu kaki ic terfsebut nyenggol ke kaki satunya... wajar aja error.... Dan setelah diadakan perbaikan jalur serta perbaiki kaki yg short tadi, tv dicoba kembali.. dan Finally.... Alhamdulillah... TV Normal kembali.....

Demikian pengalaman kecil yang mungkin bisa  berguna....

By, Tri.Y.Hasnan, Samarinda

www.hasnan.itgo.com

 

 

TV Sanken Bazzon eye 14" Hidup Standby tombol & Remote Tidak Berfungsi

Sore hari Tgl 04 Januari 2012 ,berawal dari seorang tetangga yang datang minta tolong diserviskan  TVnya dengan keluhan awal TV tersebut kalau baru dihidupkan bias hidup normal tapi lama kelamaan Gambar bagian bawah hilang separuh/ hitam. Langsung aja TV tersebut saya buka casingnya dan seperti biasa TV saya bersihkan pakai kuas terlebih dulu, dan akirnya  Alhamdulillah , kelihatanlah satu buah kaki kapasitor bagian regulator yang ngangkat solderannya yaitu kapasitor 681/2KV, dan juga tampak sekali kapasitor tsb juga sdh kelihatan mau rusak dg ditandai bagian tubuhnya mulai retak dan agak sedikit mulai hangus. Agar mendapat hasil yg baik, kapasitor saya ganti dg yang baru dan semua solderan yg mencurigakan saya solder ulang, serta elco2 yg kelihatan mulai gundul saya ganti dg yang baru. Setelah itu TV langsung Saya coba, dan Ternyata TV hidup Standby  tapi tidak mau start. Semua tombol panel dan remote control tidak berfungsi sama sekali. Wah... kenapa jadi begini..?  Untung saya pernah baca masukan2 dari para teknisi di blog2 mereka. Ada yg memberi pendapat tv yg sama percis dg yg saya servis dan keluhanpun sama percis, yaitu kalau masalahnya standby dan tidak bisa di on pake tombol maupun remote, biasanya bdisertaqi tegangan 24v dan 12v drop.ganti aja C 552 : 100uF/35V dan C553: 470uF/16V diarea vertical. Pasti beres. Langsung juga saya ganti tanpa basa- basi elco tsb, jadi aku gak perlu cek2 lagi tegangan yg lain... (Pede aja lagi..).. dan setelah penggantian, langsung saya  coba.... Crek... dan... Wah... masih Standby..... weleh3x..... Ternyata tidak semua TV biarpun merek dan jenis kerusakan sama, sama pula solusinya...  Akhirnya... Aku harus lebih intensif dan teliti dalam mengahadapi kasus seperti ini.. Setelah ku ubek2, abis solat subuh saya cek lagi... dan Alhamdulillah..... ternyata L 753 yg bernilai 1 Ohm yg kelihatan segar bugar "Putus" tus..tus...

Yah..ternyata ketelitianku membuahkan Hasil.... Setelah penggantian L R 1ohm, TV pun saya coba kembali... Alamdulillah... Sempurna... TV Normal kembali....

Demikian Pengalaman yg bisa saya Sharing ... semoga bermanfaat....! Aaamiiiin..!

by,

Tri.Y.Hasnan, Samarinda

Email : tri@hasnan.itgo.com

Website : www.hasnan.itgo.com


 DVD VITRON DVD-332 LAMPU NYALA TAPI TIDAK MAU ON

 

Tgl.20 January 2012 kembali perbaiki DVD merek, Vitron model dvd-332, yang mana kerusakannya lampu power merah menyala tapi tidak mau di on walau pakai remote. Lain kata, dvd tersebut semua tombol panel serta remotepun tidak bisa berfungsi. Langkah pertama cek  bagian Regulator ternyata tidak ada yang rusak/ tegangan normal.  Cek juga tobol2 panel depan serta pengukuran tegangan normal juga. Dan akhirnya saya coba ganti dua buah diode di Mpeg dvd tersebut, yaitu diode 1N004 dan 1N007, serta dua buah transistor yang bertipe 8550 . Dan al hasil dvdpun bisa normal kembali...     

Demikianlah sedikit pengalaman yg bisa saya bagikan...semoga bisa bermanfaat...aaamiiin..

 

By, Tri.Y.Hasnan, Samarinda

www.hasnan.itgo.com

TV CHANGHONG MODEL : 21BM18 MATI TOTAL

Tgl.19 dan 20 January 2012 kembali perbaiki TV teman yg mana dua2nya mempunyai merek, model, serta kerusakan yg sama yaitu Mati Total. Waktu saya coba hidupkan, tak terlihat edikitpun lampu Led menyala. Pikir saya pasti bagian Regulator ada yang rusak.  Langsung buka cover, cek satu persatu dengan teliti bagian power supply/ regulator, semuanya baik2 saja. Tapi pada output yg ke elco B+ kok ada keganjilan pada diodanya . yaitu V821 setelah diukur bolak- balik kok jarum multi tester bergerak sama..? wah gak beres kayaknya.... Saya coba cabut TR Horizontal dan ukur, gak ada masalah... langsung mesin tv tak coba hidupkan dan tak ukur, ternyata tidak ada sedikitpun tegangan keluar dari B+. akhirnya saya coba urutkan Dioda yg bolak - balik nyambung tadi.. dan berakhir di kaki pin Flyback. Nah... ini dia kayaknya biang keroknya... saya coba sedot timah di kaki pin Flybak yg sejalur dg Dioda V821 tadi.... Dan ternyata saya ukur lagi dan Dioda tadi tidak nyambung lagi... nah ini berarti Flybacknya Short.... Tanpa piker panjang untuk meyakinkan apakah benar flybaknya yg rusak, saya coba hidupkan mesin tv tanpa TR horizontal dan dengan keadaan kaki pin flyback disedot timahnya... dan hasilnya,,, B+ berhasil mengeluarkan tegangan 75 Volt.... Tapi saya masih bertanya dalam hati.... Kok tegangannya drop ya.. karena saya pikir paling tidak 115v seharusnya...  ya gak apalah... TR horizontal tak pasang, Flyback (BSC 65A ) tak ganti baru, dan tak coba hidupka televisinya... wah... TV bia hidup dengan normal.... Berarti untuk changhong tipe ini tegangan sebelum diberi beban memang drop, dan setelah semua beban dipasang dan dihidupkan teryata tegangan berubah jadi normal.... Dan tv pun bias normal...

Demikianlah sedikit pengalaman yg bias saya bagikan...semoga bisa bermanfaat...aaamiiin..

 

By, Tri.Y.Hasnan, Samarinda

www.hasnan.itgo.com